Jumat, 29 Januari 2010

Tips Mudah Untuk Menulis Sales Penjualan Pada Situs Anda


Copywriting adalah kegiatan membuat tulisan/teks untuk mempromosikan orang, produk, bisnis, opini atau ide. Saat ini copywriting merupakan elemen penting pemasaran online yang efektif karena bertujuan mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.

Singkatnya, copywriting adalah tulisan yang dipakai untuk kebutuhan iklan. Untuk itu dibutuhkan keahlian/kemampuan khusus untuk membuatnya. Menjadi seorang copywriter yang profesional dan sukses butuh waktu dan proses. Bagaimana menulis copywriting yang efektif? Berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan panduan dalam penulisan copywriting.

1. Kenali target pembaca

Langkah awal yang satu ini memegang peranan yang penting sebelum mulai membuat copywriting. Dengan mengetahui siapa target pembaca tulisan anda, maka proses menulis menjadi lebih mudah. Fokus akan menjadi lebih jelas saat harus menentukan pilihan kata, gaya dan kesan yang ingin ditampilkan.

2. Hindari penggunaan jargon (kata-kata yang sulit dimengerti).

Kalimat yang mengandung jargon terkadang membingungkan dan bisa menimbulkan efek negatif di pikiran pembaca. Karena itu sebaiknya menghindari pemakaian jargon yang berlebihan apabila tidak begitu diperlukan. Penggunaan kata-kata yang lebih umum akan lebih mudah dimengerti. Misalnya terpaksa harus memakai jargon, sebaiknya diberi catatan mengenai arti/maksudnya agar tidak menimbulkan salah interpretasi.

3. Gunakan bahasa pembaca :

Setelah mengetahui siapa target pembaca copywriting yang anda buat, maka proses menulis bisa dimulai dengan menggunakan bahasa yang digunakan/dimengerti oleh target pembaca anda. Jangan menggunakan bahasa yang tidak mereka pahami. Copywriting harus bisa menjadi jembatan yang menghubungkan pesan dengan pembaca. Jika pembaca tidak bisa memahami tulisan anda, mereka akan berhenti membaca dan meninggalkan situs anda.

4. Hindari kata-kata yang panjang.

Kata-kata yang panjang terkadang membingungkan dan dapat mengurangi kekuatan copywriting itu sendiri. Pilihlah kata-kata yang lebih pendek dan lebih efektif yang bisa mempengaruhi pikiran pembaca Kata-kata yang pendek lebih mudah dicerna dan lebih mudah diingat.

5. Gunakan kalimat yang pendek dan sederhana.

Konsep KISS (keep it short and simple) merupakan teknik yang paling efektif dalam copywriting. Kalimat yang pendek dan sederhana memegang peranan penting pada tulisan anda yang membuat konten menjadi lebih sistematis dan tidak berbelit-belit. Seperti poin 4 di atas, kalimat yang pendek dan sederhana lebih mudah dipahami dan diingat.

6. Langsung ‘to the point’ (jelas dan tidak berbelit-belit)

Hindari basa basi yang tidak perlu dalam penulisan copywriting.

7. Sebutkan keuntungan yang ditawarkan.

Biarkan pembaca mengetahui keuntungan atau manfaat yang akan mereka dapatkan setelah melakukan tindakan yang dianjurkan dalam tulisan copywriting tersebut. Sertakan informasi dan detil yang dibutuhkan. Jangan menulis janji-janji palsu serta ungkapan yang terlalu berlebihan namun tidak sesuai dengan kenyataan.

8.Tambahkan kreatifitas

Copywriting adalah proses kreatif yang membutuhkan perhatian khusus untuk memberi nilai lebih pada tulisan. Ciptakan struktur yang unik, ide yang orisinil (asli), dan topik/materi yang bisa dipasarkan/yang mempunyai daya jual. Ciptakan gaya menulis yang berbeda dari yang lain. Kreatifitas bisa membuat tulisan biasa mempunyai efek luar biasa.

9. Review tulisan

Ini merupakan proses penting dalam copywriting. periksa dengan teliti dan seksama tulisan anda sebelum diterbitkan. Cari dan perbaiki kesalahan yang ada. Idealnya disarankan memeriksa tulisan sampai tiga kali untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan. Sedikit kesalahan dalam tulisan bisa menimbulkan persepsi yang bermacam-macam sehingga dapat menghambat penyampaian pesan yang ingin ditampilkan. Di samping itu adanya kesalahan dalam penulisan dapat menimbulkan efek negatif di pikiran pembaca karena bisa diartikan ‘tidak profesional’.

10. Maksimalkan Riset

Jika anda belum pernah mencoba membuat copywriting, lakukan riset terlebih dulu. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang coywriting untuk melihat berbagai macam jenis, gaya dan teori copywriting dari berbagai sumber. Bandingkan satu dengan yang lain. Pilih teori/tips yang bisa diaplikasikan. Lalu pakailah referensi tersebut untuk melatih kemampuan copywriting anda. Ingat, sering latihan akan meningkatkan kemampuan anda.

Tidak ada komentar: