Jumat, 29 Januari 2010

Langkah Praktis Sukses Melakukan Riset Dengan Teknik Keyword Analisis

Arti sederhana dari Keyword Analisis adalah teknik menganalisa kata kunci tertentu, keyword adalah kata kunci yang dipergunakan oleh google, yahoo, dll sebagai search engine. Biasanya mereka menggunakan algoritma search engine agar dapat memberikan urutan mana keyword yang sering digunakan dan yang jarang dipakai oleh pengguna internet.

Sesuai dengan namanya, keyword adalah sebuah kata bukan kalimat. Karena sebagian besar pengguna internet jika mencari suatu informasi mereka akan menuliskan satu atau dua kata bukan mengetikkan sebuah kalimat panjang.

Jika anda membuat sebuah atau bahkan beberapa blog atau website, blog anda akan dikelompokkan secara otomatis oleh search engine yang ada di google. Keyword ini bisa berupa apa saja, bisa berupa tag line, meta tag atau categories yang ditaruh di header blog engine yang anda buat sendiri, dan ini termasuk bagian dari keyword analisis.

Dengan memilih beberapa keyword/kata kunci yang tepat yang sudah anda buat akan menjadi dikenal dan mudah ditemukan oleh pengguna internet yang lain. Jika anda tidak mempunyai keyword yang Anda bidik dengan tepat bagaimana mungkin blog atau situs anda ramai dikunjungi oleh pengunjung?

nah, berikut beberapa tips sederhana dalam mencari keyword yang bisa anda terapkan untuk bisnis online Anda :

1. pilih keyword/sebuah kata kunci dengan minimal pencari di internet sebanyak 1000 sd 3000 per bulan.

Misalnya: Berangkat dari hobi Anda/keahlian Anda, lalu Anda menulis kata kunci-kata kunci yang terkait dari hobi/keahlian Anda => Contoh : Anda adalah seorang GURU PIANO, kata kunci yang bisa Anda tulis di kertas = belajar piano, main piano, nada dasar piano, dll (ini adalah contoh, silahkan Anda tulis sendiri kata kunci lainnya)

Note: Untuk mendapatkan ide pengembangan kata kunci, silahkan buka google keyword tools dan ketikkan satu kata kunci umum disana (misalnya belajar piano).

2. lalu silahkan anda buka http://www.digitalpoint.com/tools/suggestion dan gunakan tools tersebut untuk menganalisa beberapa keyword/kata kunci terbaik yang bisa anda gunakan sesuai dengan kata kunci yang sudah Anda tulis diatas.

Tools diatas digunakan untuk mengetahui berapa banyak orang yang mencari keyword yang anda pilih, cukup dengan memasukkan keyword yang anda pilih di kolom Phrase dan ikuti langkah langkah selanjutnya, maka di sebelah kanan ada sejumlah angka yang menunjukkan jumlah orang yang mencari keyword tersebut.

3. lalu kita ketik keyword yang sudah anda tulis diatas di tempat search engine (misalnya di google.com, maka di sebelah kanan atas ada keterangan jumlah angka (bisa ratusan, ribuan bahkan jutaan halaman yang memuat kata kunci/keyword) yang menjadi pesaing anda.

Keyword yang benar dan tepat akan membantu pengunjung internet dapat dengan mudah menemukan apa yang sedang mereka cari.

So, coba Anda pilih jumlah di bawah 5 juta dulu untuk tahap awal. Jika Anda sudah temukan beberapa kata kunci yang saling berkaitan dimana kata kunci tersebut banyak yg mencari dan ternyata saingannya di google.com dibawah 5 juta halaman, Anda bisa segera catat dan simpan keyword-keyword tsb.

Dalam hal ini (contoh) kata kunci “belajar piano” ternyata pencarinya cukup banyak ada ribuan orang per bulannya, sementara situs pesaing/situs yang menyediakan informasi seputar belajar piano masih sangat sedikit (hanya ratusan ribu ==> itu artinya super niche)

Jadi artinya adalah ada market ada pasar atau ada orang-orang yang membutuhkan keahlian Anda di atas (dalam hal ini Anda sebagai GURU PIANO). Dengan tips dan trik tertentu yang akan saya bagikan di blog ini, saya jamin jika Anda menggarap market piano diatas, situs Anda bisa nangkring terus diurutan 3 besar dan tidak kesulitan untuk mendapatkan trafik gratis ribuan tiap bulan.

Ayo, jika Anda punya keahlian bermain piano, jual keahlian Anda krn market disana masih luas dan terbuka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, bukan begitu ? :)

weleh..weleh…sederhana sekali bukan :)

“tapi saya gak punya keahlian main piano, gimana Gm?”

“yah, pake keahlian orang lain saja:)

Biar orang lain suruh buat teknik/kurikulum sederhananya. Intinya dari yg gak bisa main piano harus bisa main piano dalam 7 hari (misalnya). Gak usaha ribet, buat panduan yang sederhana, kalo perlu di videokan/direkam suaranya. Jadi nanti orang bisa belajar dengan melihat videonya.

Kalo panduannya sudah jadi, tinggal Anda jual deh di internet. Dan jika sudah menghasilkan penjualan, nanti hasilnya dibagi 2. Jadi 50% : 50% , asyik bukan :) )

Dan ada 3 hal penting yang dapat dilakukan dalam menggunakan keyword analisis:

• Setiap keyword yang anda pilih harus relevan dengan isi dari blog/website yang akan Anda buat nantinya (jadi nantinya jika Anda ingin memilih kata kunci “belajar piano” artinya isi situs Anda pun harus relevan dengan edukasi/pembelajaran seputar piano dan “adik-kakaknya” :)

• Menggunakan keyword harus sesuai dengan isi konten itu sendiri, lebih baik lagi jika keyword tsb digunakan sesuai dengan judul artikel atau nama situs atau bisa juga ditaruh kalimat terakhir dari artikel yang akan Anda tulis.

• Usahakan untuk menggunakan keyword yang sudah anda bidik diatas dari dua sampai lima persen dari total keseluruhan isi artikel yang anda buat juga dapat dilakukan sebagai alternatif pilihan.

Penempatan keyword yang tepat akan membuat kerja dari keyword analisis akurat dan jumlah pengunjung yang datang dapat segera dilihat. Karena dengan demikian Anda akan dengan mudah mendapatkan pengunjung gratis dari search engine setiap harinya.

Isi dari blog juga sebaiknya memiliki spesifik khusus atau topiknya yang spesifik sehingga memudahkan pengunjung menemukan situs yang di cari, terutama jika isi dari blog adalah bagian dari strategi pemasaran, anda tentu ingin banyak pengunjung yang datang mengunjungi website anda bukan?.

Walaupun masih banyak strategi lainnya, namun tips diatas adalah bagian dari riset kata kunci produk/jasa tertentu yang ingin Anda kembangkan melalui internet. Ada yang ingin menambah lagi …?

Tidak ada komentar: