Rabu, 23 September 2009

Setting VPN CLient di Windows dengan Telkomnet@instan


Pengalaman ku kali ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi yang lain, tapi bagiku lumayan sangat berarti.

Dikantor lagi ada implementasi CRM untuk pengolahan data yang terintegrasi dari daerah sampai ke pusat. Kebetulan sebagai pegawai di daerah saya hanya kebagian setting CRM di Client saja.

Nah kembali ke topic . unkuk bisa akses CRM kantor di Bandung mesti bisa masuk ke jaringannya kantor pusat. Untuk itu dibutuhkan koneksi yang menggunakan VPN ke server CRM pusat .

Fakta lain yang ada di kantor saya terpaksa mesti menggukan telkomnet instant untuk sementara karena kontrak ke speedy belum beres perpanjangannya. Hal inilah yang menyebabkan saya mesti melakuakan setup ulang computer supaya bisa melakukan koneksi VPN ke jaringan kantor menggunakan telkomnet instant

Pada mulanya saya merasa pesimis hal ini bisa dilakukan mengingat koneksi dengan telkomnet instant yang saya dapatkan maksimal hanya 35 Kbps .luar biasa lambatnya.

Pertama – tama aku melakukan setiingan dulu koneksinya
// my network places – klik kanan properties
// pilih menu create a new connection di sebelah kiri atas
// pilih next dan pilih connect to the network at my workplace
// pilih virtual privat network connection
// kemudian isikan nama perusahaannya
// setelah ngisi nama perusahaannya isikan IP yang mendukung koneksi menggunakan VPN sebagai gateway VPN Clientnya
// Lalu Klik Finish

Akan muncul menu login ke telkomnet instant dan masukan login User “ telkomnet@instan” dan Pass “telkom” setelah koneksi ke telkomnet ok maka akan otomatis dial ke gateway VPN server jika sudah muncul menu login maka tinggal masukin user dan passwordnya .

Kemarin aku coba di 2 buah PC hasilnya OK aku bisa akses VPN ke kantor pusat dan menjalankan aplikasi CRM Clientya

OK deh kalo da yang mau coba silahkan tapi kalo tulisan ini sudah sangat basi mohon maklum pengalaman saya masih sangat minim.

Thanks

Tidak ada komentar: