Senin, 28 September 2009

Membuat Windows XP Live CD

M,,klo Linux Live CD mungkin sudah tidak asing lagi kan bagi anda, soalnya sudah banyak beredar distro linuv yang tampil dalam bentuk Live CD. Tapi klo Windows Live CD mungkin masih terdengar janggal di kuping anda,begitupun saya,pertama mendengarnya saya langsung berpikir,wah klo ada pasti enak yah,berarti bisa memudahkan kita,misalnya,klo komputer kita tiba-tiba terkena virus,dan kita tidak bisa masuk ke dalam windows karena virus tersebut. Maka dengan WIndows Live CD tersebut kita dapat booting dan masuk ke windows yang ada di CD bukan, trus kita bisa de membasmi virus tersebut, jadi tidak perlu sampai instal ulang komputernya.hehehe...Sedangkan bagaimana cara dan langkah pembuatannya, berikut ini caranya.

Buatlah sebuah folder di hardisk anda dengan nama C:\winLive\xp (terserah anda mau di namain apa). Copykan seluruh content yang ada di dalam CD instalasi windows XP ke dalam folder yang telah anda buat tadi. Sebagai contoh saya menggunakan windows XP Profesional SP2. pastikan tidak ada file yang ketinggalan atau tersembunyi.

Download Utility bernama PEBuilder di sini. Utility ini nantinya akan menyertakan sebuah fitur bernama BartPE. Selanjutnya install PEBuilder tadi.



- Jalankan PEBuilder,
- Dibagian source arahkan ke C:\winLive\xp.
- Dibagian Output menggunakan “BartPE”
- Dibagian media output ganti menjadi “Create ISO Image” lalu isi dengan c:\pebuilder\pebuilder.iso
- Beri tanda centang pada “Burn to CD/DVD”. Pilih CD Writer device dari Device listbox.
- Jika anda menggunakan kepingan CDRW aktifkan pula opsi “AutoErase RW”

Anda dapat menambahkan plugin caranya anda dapat melihat di sini.

- Masukkan CD Blank atau CDRW ke CD Room Drive
- Klik Build, pada “create directory” pilih yes.
- Akan tampil lisensi produk Windows XP baca dan setujui jika anda hendak melanjutkan
- Proses Build akan berjalan
- Setelah selesai, OK dan tutup PEBuilder.
- Restart PC Anda dan atur BIOS untuk Booting dari CD.
- Anda akan segera melihat hasilnya

Seperti yang saya katakan tadi di awal, Windows Live CD sangat berguna apabila komputer kita terkena virus khususnya virus lokal. misalkan aja beberapa virus yang melakukan aksi dengan mengunci komputer pada menu logon sehingga sekalipun pengguna komputer sudah memasukkan Username dan Password yang benar, komputer tetap menolak untuk logon dan tetap meminta username dan password. repotnya lagi hal ini terjadi pula saat komputer start dalam safe mode atau safe mode with command Prompt. jadi untuk penanganan virusnya kita lakukan proses scaning virus melalui windows live CD.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Compact cash advances can be ideal for folks, what person help make his or her dwelling as a result of short term to another one, few weeks just after 4 weeks. Should you have a reliable cash you'll be able to count on attaining this sort of borrowing products when you demand it.
kredyty bez bik
szybka pożyczka
cały dokument
kliknij, aby zobaczyć ten dokument
pożyczki dla zadłużonych